Abstrak Lukisan Johannes Vermeer "The Girl With a Pearls Earring"

M Rasyid Firdaus (202146500802)A

ch Faqy Fachrevi (202146500750)


Lukisan Johannes Vermeer “The Girl With a Pearl Earring”


Lukisan ini adalah salah satu karya seni paling terkenal dari pelukis Belanda abad ke-17, Johannes Vermeer. Lukisan ini menggambarkan seorang wanita muda dengan gaun biru dan ikat kepala dengan mutiara besar di telinganya. Lukisan ini menjadi terkenal karena penggunaan cahaya dan bayangan yang dramatis, serta ekspresi yang misterius pada wajah wanita itu. 


Tujuan dari analisis ini untuk mengidentifikasi teknik seni yang digunakan oleh Johannes Vermeer dalam lukisan ini.


Satu teori populer menurut Roland Barthes, semiotika adalah ilmu yang digunakan untuk memaknai suatu tanda, yang mana bahasa juga merupakan susunan atas tanda-tanda yang memiliki pesan tertentu dari masyarakat. Tanda di sini juga dapat berupa gambar, mimik wajah, hingga gerak tubuh. Hal ini memiliki keterkaitan antara semiotika Roland Barthes dengan lukisan ini, bahwa wanita dalam lukisan ini sebenarnya adalah Vermeer sendiri yang menyamar sebagai wanita. Teori ini didasarkan pada kesamaan antara ekspresi wajah wanita dalam lukisan dengan ekspresi pada wajah beberapa lukisan lain yang juga dikatakan sebagai wajah Vermeer sendiri. 


Namun, tidak ada bukti yang dapat membuktikan salah satu teori ini. Karya seni adalah subjektif, dan banyak pengamat yang menemukan makna dan interpretasi yang berbeda-beda dalam lukisan "The Girl with a Pearl Earring" tergantung pada pandangan dan pengalaman pribadi mereka.


metodologi pada lukisan Seni Vermeer. Vermeer dikenal sebagai seorang pelukis yang sangat berbakat dalam teknik seni yang halus dan presisi yang menghasilkan warna yang sangat indah. Dia menggunakan teknik glasir yang menghasilkan efek yang lembut dan transparan dalam lukisannya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas : Literatur Review 20 Jurnal Semiotika Ferdinand de Saussure

Mitos Dan Pengalaman Estetis Dari Lagu The Scientists - Coldplay

Tugas 1 semiotika pada objek yang ada disekitar kita